Spiga

Ujian Kecakapan PMR Bersama Se-Kabupaten Tegal

Ujian Kecakapan PMR Bersama Se-Kabupaten Tegal
Mendukung pengembangan kapasitas  relawannya, PMI Kabupaten Tegal menggelar  Ujian Kecakapan PMR (Palang Merah Remaja) Bersama pada 30 Maret dan 6 April 2011. Kegiatan diikuti sebanyak  1.457 anggota PMR Madya dan Wira se-Kabupaten Tegal .
Lebih detail, tercatat bahwa  sebanyak 736 orang dari PMR  Wira dan sebanyak 721 orang dari PMR Madya. Kegiatan yang diprakasai oleh Pengurus Forpis (Forum Remaja Palang Merah Indonesia) Kabupaten Tegal dilaksanakan selama sehari dengan waktu yang berbeda. Untuk Ujian Kecakapan Gerakan PMR Wira pada tanggal 30 Januari 2011 bertempat di Lapangan GOR Tri Sanja Slawi, sedangkan untuk PMR Madya dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2011, ujian digelar di Lapangan Lebaksiu Kidul, Tegal.
Totok Novariyanto, Koordinator Tim Pelatih PMI Kabupaten Tegal mengatakan, “Disamping  melaksanakan program tahunan,  diadakannya Ujian Kecakapan PMR itu adalah dalam rangka peningkatan kapasitas anggota PMR di Kabupaten Tegal dan untuk mengetahui sejauh mana pembinaan PMR di sekolah-sekolah.”
Salah satu materi yang diujikan adalah Materi Gerakan Palang Merah yang mencakup Tujuh  Prinsip Dasar Gerakan  Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yaitu Kemanusiaan, Kesamaam, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan dan Kesemestaan.
Kegiatan dilaksanakan dengan konsep  widegame, dimana peserta ujian harus melalui tujuh pos materi gerakan.  Masing-masing peserta menyerahkan Buku Kecakapan PMR kepada penguji untuk mendapatkan nilai kecakapan setelah menjawab beberapa pertanyaan dari Tim Penguji. Selanjutnya laporan buku-buku kecakapan ini akan mendapatkan Pengesahan dan peserta yang dianggap lulus akan mendapatkan Sertifikat dan PIN Kecakapan Gerakan.
Seluruh peserta nampak antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang disajikan, apalagi dalam kegiatan ini peserta dilibatkan mengikuti outbound bersama tim panitia yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama anggota PMR se- Kabupaten Tegal.
Pada penghujung acara Ujian Kecakapan Gerakan PMR Madya dan Wira, dilaksanakan upacara penutupan sekaligus Upacara Pengukuhan bersama PMR dengan pelaksanaan upacara secara sederhana dengan Pembina Upacara dari Pengurus PMI Kabupaten Tegal.*
(Dok. Foto dari PMI Kabupaten Tegal)
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:  Sunarto, Humas-PMI Kabupaten Tegal, Telp.                0283-491868        .  

0 komentar: